Oktober 01, 2017

OPINI SEBAGAI BENTUK TANGGAPAN


Opini merupakan hasil dari pengolahan pikiran yang bersumber dari pengolahan terhadap suatu informasi yang bersifat fakta ataupun tidak, baik dalam bentuk lisan maupun tertulis yang bertujuan untuk menyalurkan pendapat kita kepada orang lain.

Semua gagasan atau ide berasal dari opini. Seperti Thomas Alva Edison yang beropini bahwa manusia memerlukan kemudahan dalam mendapatkan penerang. Lalu, ia mendapatkan ide untuk menciptakan bola lampu. Hingga kini, bola lampu digunakan oleh manusia, bahkan bola lampu menjadi benda yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, opini dapat memberikan dampak besar terhadap suatu golongan masyarakat, negara, maupun seluruh dunia.

Opini dalam media massa terutama surat kabar juga memberi peranan penting atau dampak terhadap pembacanya. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya dalam materi UTS semester 4 ini bahwa opini yang ditulis oleh redaksi surat kabar, seperti tajuk rencana atau editorial, pojok, dan karikatur merupakan cara redaksi untuk memberi tahu pembaca atau publik bagaimana suatu redaksi menyikapi masalah yang sedang hangat dibicarakan. Publik dapat mengambil asumsi setelah membaca opini dari redaksi yang bersangkutan. Baik sependapat dengan surat kabar yang dibaca, maupun berbeda pendapat. Maka dari itu, tajuk rencana, pojok, dan karikatur dianggap penting keberadaannya dalam suatu surat kabar karena dapat mempengaruhi pembentukan opini publik.

Dalam rubrik opini suatu surat kabar terdapat artikel dan kolom yang ditulis oleh masyarakat. Masyarakat yang dimaksud adalah pembaca dari surat kabar tersebut karena untuk menanggapi suatu topik yang sedang hangat dibicarakan, masyarakat tentunya membaca terlebih dahulu surat kabar tersebut. 

Artikel maupun kolom dari pembaca membuat redaksi mengetahui bahwa pembacanya itu memahami berita-berita yang telah dirilis oleh surat kabar tersebut, dan mengetahui bagaimana respon pembaca setelah membaca berita-berita yang telah rilis itu. 

Redaksi juga mengetahui apa berita yang diminati oleh masyarakat, baik dalam cara penulisannya maupun topik yang diangkat sehingga redaksi dapat membuat berita-berita yang jauh lebih baik ke depannya. Artikel dan kolom karya pembaca yang dimuat dalam surat kabar juga mempengaruhi pembentukan opini publik atau pembaca lainnya.


Opini dari redaksi ataupun pembaca yang dimuat dalam surat kabar dapat berbentuk opini yang sejalan dengan pemerintah, bertentangan dengan pemerintah, sejalan dengan masyarakat, ataupun bertentangan dengan masyarakat. Walaupun hanya dalam bentuk tulisan, opini yang baik dapat menjadi sebuah solusi untuk suatu masalah apabila pihak lain menerimanya dan mengolahnya menjadi solusi dengan tindakan nyata.

4 komentar:

  1. Terima kasih telah membantuku memahami bagaimana sebenarnya opini bekerja. Tetap ditambah lagi yaa tulisannya! :)

    BalasHapus
  2. semoga opini yang penulis maksd dapat berdampak baik khususnya dalam mengkritik sesuatu, semangat!

    BalasHapus
  3. Artikelnya membantu banget, makasii!

    BalasHapus
  4. Terimakasih, sangat membantu :) semoga semakin banyak sharing ilmu disini :)

    BalasHapus